Senin, 02 Juni 2014

Sejarah dan visi misi Sekretariat DPRD Kabupaten Ciamis

http://www.ciamiskab.go.id/images/stories/Setwan/kantor.jpg
GEDUNG DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH
KABUPATEN CIAMIS
Jl. Ir. H. JUANDA No. 164 CIAMIS No. TELP (0265) 771522, 771523
v  Tujuan :Mengetahui sejarah Sekretariat DPRD Kabupaten Ciamis.
Sebelum membahas sejarah berdirinya DPRD kabupaten ciamis, terlebih dahulu penulis memberikan gambaran tentang proses berdirinya kabupaten ciamis yang sebelumnya adalah kabupaten Galuh proses ini diawali dengan penyusunan sejarah Galuh yang dimaksudkan untuk menelusuri dan mengkaji sejarah Galuh secara menyeluruh.
Ada 2 (dua) pendapat tentang proses  berdirinya kabupaten ciamis yang awalnya adalah kabupaten Galuh, yaitu:
1.      Berdasarkan “Titimangsa Rahyangta di Medangjati”, yaitu berdirinya kerajaan Galuh oleh Wiretikkandayun pada tanggal 23 Maret 612 M atau zaman Rakean Jamri yantg juga disebut Raiyang Sanjaya sebelum Sangmanarah berkuasa.
2.      Berdasarkan tanggal dan tahun dari beberapa peristiwa berikut :
a.       Digantinya nama kabupaten Galuh  menjadi kabupaten Ciamis, oleh Bupati Tumenggung Sastra Winata pada tahun 1916.
b.      Pindahnya pusat pemerintahan dari imbanagara ke Cibatu (Ciamis) oleh Bupati Raden AA Wiradikusuma pada tanggal 15 Januari 1815.
c.       Berpindahnya pusat kabupaten Galuh dari Garatengah yang letaknya di sekitar Cineam (Tasikmalaya) ke Barunay (Imbanagara) pada tanggal 12 Juni 1642.
Dari hasil akhirnya menyimpulkan bahwa kabupaten Ciamis berdiri pada tanggal 12 Juni 1642, yang kemudian di kukuhkan dengan surat keputusan DPRD Kabupaten Ciamis Nomor : 22/V/KPTS/DPRD/1972 pada tanggal 17 Mei 1972.
Dengan surat keputusan DPRD tersebut diharapkan teka-teki mengenai hari jadi Kabupten Ciamis tidak dipertentangkan lagi dan juga diharapkan seluruh masyarakat sehingga akan lebih bersemangat untuk membangun Tatar Galuh ini, sejalan dengan moto juang kabupaten Ciamis, yaitu : “Pakena Gawe Rahayu Pakeun Heubeul Jaya Dibuana untuk mewujudkan Mahayunan Ayuna Kadatuan”.
Perpindahan pusat kabupaten galuh dari Garatengah Keimbanagara mempunyai arti penting dan makna yang sangat dalam bagi perkembangan kabupaten Galuh berikutnya dan merupakan era baru pemerintahan galuh menuju terwujudnya kabupaten Ciamis dikemudian hari, karena :
1.      Peristiwa tersebut membawa akibat yang positif terhadap perkembangan pemerintahan maupun kehidupan masyarakat galuh yang mempunyai batas Teritorial yang pasti dan terbentuknya Sentralisasi pemerintahan;
2.      Perubahan tersebut mempunyai unsur perjuangan dari pemegang pimpinan kekuasaan.
2.2 Visi dan Misi
VISI :
Sekretariat DPRD Kabupaten Ciamis
“Terwujudnya pelayanan prima kepada DPRD Kabupaten Ciamis dalam menjalankan tugas dan wewenangnya secara berkesinambungan”
MISI :
Sekretariat DPRD Kabupaten Ciamis
·      Menciptakan layanan teknis dan administrasi untuk mendukung kelancaran tugas-tugas Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Ciamis.
·      Meningkatkan profesionalisme aparatur Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Ciamis.
·      Menciptakan budaya kerja, agar dapat menghasilkan kinerja yang bermutu.
·      Memahami tugas, pokok, fungsi, serta kewenangan maisng-masing dalam pelaksanaan tugas.
·      Meningkatkan displin pegawai.
·      Menciptakan suasana yang harmonis antara staf dengan Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Ciamis yang dititikberatkan pada kemampuan staf untuk memahami kondisi dan situasi berkaitan dengan program DPRD Kabupatn Ciamis dalam membahas permasalahan-permasalahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar